Beranda > Sehat Alami & Herbal > Mengurangi Rasa Nyeri Mestrauasi dengan Jahe

Mengurangi Rasa Nyeri Mestrauasi dengan Jahe

jaheSebagian wanita secara rutin merasakan nyeri saat haid atau menstruasi, layaknya seorang tamu yang selalu berkunjung tiap bulan. Rasa nyeri itu disebabkan oleh prostaglandin, hormon alami yang dibuat di sel-sel pada lapisan dalam rahim dan bagian lain tubuh. Prostaglandin yang diproduksi di rahim membuat rahim berkontraksi dan membuang lapisan yang terbentuk selama siklus menstruasi. Prostaglandin yang terlalu banyak diproduksi memicu kontraksi yang hebat sehingga menimbulkan nyeri haid (dismenore). Gejala-gejala lain juga mungkin hadir seperti sakit kepala, mual, muntah dan diare.

Bagi Anda wanita yang sering mengalami nyeri haid, jahe dapat menjadi alternatif pereda nyeri alami yang dapat diandalkan. Jahe menghambat produksi prostaglandin sehingga mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh hormon itu.

Penelitian oleh James W. Daily, dkk atas hasil-hasil riset lain yang tersebar di 12 basis data elektronik seperti PubMed, EMBASE, Cochrane Library dan basis-basis data di Korea, China dan India secara khusus mempelajari seberapa bagus efek jahe dalam mengatasi nyeri haid. Setelah menyeleksi dari ribuan artikel penelitian yang pernah diterbitkan, mereka menemukan empat artikel yang secara spesifik meneliti efek terapetik jahe untuk nyeri menstruasi.  Keempat artikel tersebut lalu diperbandingkan.

Perbandingan hasil-hasil uji klinis acak dalam artikel-artikel itu memberikan bukti yang sugestif bahwa konsumsi 750-2000 mg bubuk jahe selama 3-4 hari cukup efektif untuk mengurangi nyeri menstruasi. Dibandingkan obat farmasi, jahe memiliki kelebihan karena tidak memiliki efek samping. Selain itu, manfaat jahe juga mengurangi nyeri di perut bagian atas, rasa panas di dada (heartburn), kembung, sebah, mual, muntah dan kehilangan nafsu makan.

Sumber : Majalah Kesehatan

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: