Beranda > Ginjal > Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ yang bekerja keras siang dan malam tanpa henti. Setiap hari kedua ginjal Anda menyaring dan mendetoksifikasi seluruh volume darah tubuh sekitar 50 kali, atau sama dengan 18 galon air minum! Ginjal Anda memiliki kapasitas yang besar. Namun, bila lebih dari setengah jumlah unit penyaringnya yang disebut nefron rusak maka mereka tidak lagi dapat bekerja dengan baik. Racun-racun akan menumpuk di dalam tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh. Masalahnya, seringkali kerusakan tidak disadari sampai telah menjadi parah.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal, Anda harus selalu menjaga mereka agar selalu fit. Berikut tips yang diringkas dari saran-saran ahli dalam Hari Ginjal Sedunia yang diperingati setiap selasa kedua bulan Maret.

1.Jaga tubuh agar selalu bugar. Olahraga meningkatkan fungsi jantung dan melindungi ginjal.
2.Periksa gula darah Anda. Kadar gula darah yang tinggi berdampak buruk bagi pembuluh darah. Gula juga membentuk senyawa kompleks dengan protein yang disimpan glomeruli, sekelompok pembuluh darah kecil yang melingkar di ginjal di mana darah disaring dan produk-produk limbah dibuang. Memeriksa gula darah secara teratur membantu Anda memastikan bahwa kadarnya terkendali, sehingga dapat mengidentifikasi bila ada diabetes yang diam-diam berkembang di tubuh Anda. Bagi Anda yang sudah memiliki diabetes, kendalikan gula darah Anda dengan pola hidup dan terapi yang tepat sesuai saran dokter.


3.Jaga tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi dalam jangka panjang dapat merusak pembuluh darah , termasuk pembuluh-pembuluh darah ginjal.
4.Kendalikan berat badan. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko berbagai penyakit, termasuk gagal ginjal.
5.Cukup cairan. Ginjal membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Secara umum Anda memerlukan asupan cairan 1,5 liter sehari, lebih banyak bila berolahraga dan cuaca panas.
6.Jangan merokok. Selain menimbulkan berbagai bahaya lain bagi kesehatan, rokok adalah racun yang merusak ginjal.
7.Gunakan obat penghilang nyeri seperlunya saja. Penghilang nyeri (analgesik) mengurangi aliran darah ke ginjal. Selain itu, penggunaan analgesik dosis tinggi dalam jangka panjang juga merusak ginjal.
8.Periksa fungsi ginjal Anda. Pemeriksaan fungsi ginjal secara berkala sangat dianjurkan, terutama bila Anda termasuk kelompok risiko (penderita diabetes, hipertensi, riwayat penyakit ginjal) dan semua orang di atas 60 tahun.

Berbagai studi menunjukkan bahwa gaya hidup sangat berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Bagi Anda yang sudah memiliki gangguan ginjal ringan, perawatan medis yang tepat secara dini dapat mencegahnya menjadi lebih parah.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: