Beranda > Tips Sehat > Tips Sehat Untuk Pria

Tips Sehat Untuk Pria

gaya hidup sehat Menurut data BPS tahun 2010, pria hidup 3-5 tahun lebih singkat dibandingkan wanita. Usia harapan hidup pria Indonesia adalah 51-67 tahun, sedangkan wanita adalah 71-74 tahun. Angka bunuh diri pada pria juga lebih besar daripada wanita. Banyak pria yang bekerja terlalu keras sehingga mati lebih muda daripada wanita.

Pada usia muda, kebanyakan remaja putra menjalani berbagai gaya hidup ekstrim dan tidak sehat seperti mengebut di jalanan, mengonsumsi narkoba, berkelahi dll. Gaya hidup tidak sehat itu meningkatkan risiko kematian akibat kecelakaan, overdosis obat, penyakit HIV/AIDS, hepatitis, dll. Lonjakan angka kematian pada pria usia 18 sampai 24 tahun ini adalah fenomena universal di seluruh dunia, yang dikenal sebagai “accident hump”.

Pada usia 30-an dan 40-an, pria umumnya sudah berkeluarga dan bekerja. Mereka lebih bijak dalam menjalani kehidupan. Namun, banyak pria yang hidup dalam stres kronis. Jika mereka juga kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, merokok dan tidak berolahraga, maka mereka berisiko menderita penyakit berat di usia 50an atau bahkan mungkin sebelumnya.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kaum pria hidup lebih sehat:

  1. Hindari gaya hidup tidak sehat dan perilaku berisiko. Jangan mencoba-coba untuk mengonsumsi narkoba atau melakukan manuver berisiko saat mengemudi kendaraan. Dengarkan suara hati Anda dan jaga diri Anda dalam segala aspek kehidupan.
  2. Kebanyakan kaum pria suka melebih-lebihkan kesehatan mereka. Oleh karena itu, dapatkan medical checkup tahunan untuk mengetahui status kesehatan Anda. Dengarkan istri Anda dan jika dia mengatakan bahwa Anda perlu ke dokter, dia mungkin benar.
  3. Membiasakan berolahraga. Tumbuhkan kebiasaan berolahraga setidaknya setengah jam sebelum aktifitas rutin, tiga kali seminggu.  Olahraga yang baik melibatkan semua kelompok otot utama dan membawa denyut jantung Anda sampai ke tingkat maksimum. Gunakan kalkulator denyut jantung latihan untuk menghitung denyut jantung maksimum Anda ketika berolahraga.
  4. Menjaga agar berat badan tetap normal. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko berbagai penyakit.  Gunakan kalkulator BMI untuk menghitung berat badan Anda yang ideal.
  5. Makan makanan yang sehat. Ingatlah untuk mengonsumsi enam potong buah dan sayuran setiap hari dan ikan dua kali seminggu. Hindari lemak, gula dan junk food. Jangan makan terlalu banyak. Berhentilah makan sebelum kenyang. Minum banyak air.
  6. Pikirkan keluarga Anda dan orang-orang yang Anda cintai. Mereka mencintai Anda dan Anda menyebabkan mereka sedih jika Anda sakit. Ingat juga bahwa jalinan keluarga dan pertemanan yang baik sangat membantu kesehatan mental dan fisik Anda.
  7. Jangan anggap remeh jika Anda selalu merasa lelah, cepat marah, sedih atau gelisah berkepanjangan. Anda mungkin mengalami depresi dan harus berkonsultasi dengan psikiater, psikolog atau profesional lain.  Hampir tidak ada orang yang melewati hidup tanpa krisis sehingga tidak mengherankan bila Anda juga mengalaminya. Gunakan kuesioner “apakah Anda depresi” untuk asesmen awal bila Anda memiliki tanda-tanda depresi.
  8. Istirahat dan Tidur yang cukup. Cukup tidur adalah salah satu kebiasaan yang paling penting bagi siapa saja yang berusia di atas 40. Ketika Anda tidur, tubuh Anda melepaskan hormon pertumbuhan yang merangsang pergantian sel-sel. Kulit Anda akan menderita jika Anda tidak mendapatkan jumlah tidur yang Anda butuhkan. Tidur juga dapat mengurangi hormon stres yang menekan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penuaan. Terapkah posisi tidur yang baik untuk mendapatkan manfaat tidur yang optimal.
  9. Segera pergi ke dokter jika urin Anda mengandung darah, air mani, atau kotoran (keruh), atau jika Anda mengalami sesak napas, perubahan kulit atau jaringan, nyeri atau perubahan berat badan yang drastis.

Rekomendasi :

olive oil zaitun kapsul Kapsul minyak zaitun berisi minyak zaitun murni berkualitas tinggi. Minyak zaitun terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, menyehatkan jantung, mencegah kanker, melancarkan pernafasan, mencegah peradangan lambung, meningkatkan pertumbuhan tulang, menghambat penuaan sel-sel kulit dan sebagai antioksidan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: