Beranda > Sehat Alami & Herbal > Manfaat Minyak Ikan dan Minyak Zaitun untuk Rambut yang Rontok

Manfaat Minyak Ikan dan Minyak Zaitun untuk Rambut yang Rontok

Minyak Zaitun/Ikan

Rambut rontok adalah masalah kesehatan rambut yang mungkin pernah dialami oleh beberapa orang. Rontoknya rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya pemakaian obat/vitamin rambut yang salah, masalah genetic, kekurangan nutrisi, masalah pada kelenjar tiroid, sirkulasi udara yang buruk pada sekitar rambut hingga penuaan dini.

Masalah rambut rontok sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diatasi, cukup dengan meningkatkan kesehatan tubuh kita secara umum maka akan dapat membantu mencegah rambut rontok. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menambahkan minyak ikan dan minyak zaitun dalam keseharian daftar makan sehat anda, karena kedua minyak tersebut banyak sekali mengandung vitamin dan juga bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Minyak Ikan ( Fish Oil )

Berbagai jenis ikan, terutama ikan salmon, herring dan sarden mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu agar rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam minyak ikan atau fish oil bersifat antioksidan dan membantu memproduksi sebum yang sehat di kulit kepala.

Minyak ikan juga mengandung Omega-3 yang sangat tinggi, yang berfungsi untuk menutrisi folikel rambut dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Omega-3 juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida didalam tubuh dan sekaligus membuat jantung menjadi lebih sehat.

Minyak ikan juga diketahui mengandung zat yang bersifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan rasa sakit pada sendi-sendi tubuh. Efek anti-inflamasi itu dapat membantu untuk menghambat proses kerontokan rambut. Hal itu dikarenakan inflamasi pada folikel rambut adalah salah satu factor penyebab berbagai masalah kerontokan rambut dan nutrisi yang besifat anti inflasi dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut.

Minyak Zaitun ( Olive Oil )

Minyak zaitun memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu untuk membuat rambut menjadi lebih subur dan sekaligus dapat mencegah kerontokan rambut. Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang membantu untuk menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala, yang membawa berbagai nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat membantu anda untuk mendapatkan tambahan vitamin D, vitamin D berperan sebagai hormon steroid yang bekerja untuk mencegah kerontokan rambut yang disebabkan masalah hormonal serta sifat anti inflamasi yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan minyak ikan dan minyak zaitun ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengkombinasikan keduanya :

1. Mengkonsumsinya bersama dengan makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi setiap hari, cara ini mudah dilakukan dan sekaligus dapat membantu kesehatan jantung.

2. Menggosokan minyak ikan dan minyak zaitun pada kepala secara langsung. Untuk cara tersebut sebelumnya campurkan terlebih dahulu kedua minyak tersebut ke dalan suatu wadah, lalu pijat kepala dengan kedua minyak tersebut supaya menyerap ke dalam kulit kepala. Setelah itu tutup kepala dengan plastik penutup kepala dan biarkan 30 menit sampai meresap dan setelah itu bilas dengan sampo supaya tidak meninggalkan bau yang tidak sedap.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: