Beranda > Tips Sehat > Cara Untuk Meredakan Migrain

Cara Untuk Meredakan Migrain

Migrain adalah kondisi sakit kepala kronis yang menyebabkan rasa sakit yang signifikan untuk berjam-jam bahkan berhari-hari. Beberapa gejala migrain didahului atau bersamaan dengan tanda peringatan sensorik, seperti pancaran sinar atau perasaan geli pada lengan atau kaki. Migrain juga sering diikuti dengan rasa mual, muntah dan perasaan sensitif yang ekstrim pada cahaya dan suara.

Menurut para ahli, migrain disebabkan oleh perubahan cuaca, aroma yang kuat, stress, kurang tidur, makanan atau minuman tertentu. Migrain lebih sering diderita oleh wanita dibandingkan dengan pria, ini disebabkan karena migrain erat sekali hubungannya dengan fruktuasi kadar estrogen. Akan tetapi para ahli juga tidak mengetahui persis apa peyebab lain seseorang terserang migrain.

Agar dapat menghilangkan sakit kepala sebelah tersebut,ternyata ada makanan yang bisa mengatasinya. Berikut jenis makanan yang dipercaya dapat meringankan migrain :

1. Ikan

Salah satu jenis makanan berprotein tinggi ini selain dapat menyehatkan jantung, mengkonsumsi ikan juga dapat menghilangkan migrain. Itu karena ikan banyak mengandung omega 3 dan asam lemak EPA dan DHA. Penelitian awal yang dilakukan para ahli tentang anti-inflamasi, senyawa dalam ikan menunjukan bahwa lemak ikan yang dibuat menjadi suplemen dapat mengurangi keparahan penyakit migraine yang diderita oleh seseorang.

2. Kopi

Banyak orang yang berpendapat bahwa kopi malah akan membuat sakit kepala, padahal justru kopi dapat meredakan migrain. Kandungan asetaminofen dan aspirin dalam kafein dapat mengecilkan pembuluh darah yang bengkak di dalam otak. Minumlah 1-2 cangkir saat migrain menyerang.

3. Jahe

Penelitian menunjukan bahwa jahe yang dipanaskan mengandung beberapa senyawa ampuh yang sama dengan obat anti inflamasi. Jahe dapat mencegah zat inflamasi yang disebut prostaglandin. Peneliti memang belum mengujinya secara intensif, namun jahe dapat mengurangi rasa mual yang sering datang bersamaan dengan migrain.

Anda dapat menggunakan jahe yang berbentuk bubuk. Tips saat migrain menyerang, campurkan beberapa sendok teh bubuk jahe ke dalam segelas air, lalu minumlah setiap beberapa jam untuk membantu meringankan rasa sakit / lebih praktisnya siapkan permen jahe kering disaku atau tas anda.

4. Makanan yang kaya akan Magnesium

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan magnesiumnya, seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau dapat membantu meringankan sakit migrain. Rendahnya tingkat magnesium dapat membuat otak menjadi sensitive sehingga dapat memicu migraine.

Normalnya, wanita mendapatkan asupan magnesium sebanyak 310-320mg/hari dan pria kurang lebih sebanyak 400-420mg/hari.

Kacang Brazil benyak mengandung magnesium (107mg/30gr), Almond mengandung 78mg magnesium per 30 gram dan Biji labu bakar menjadi salah satu sumber terbesar magnesium yang memiliki sekitar 151mg setiap 30 gram.

Oleh karena itu konsumsi dan pilihlah makanan yang sesuai dengan selera anda yang juga dapat dijadikan alternatif obat bila mengalami migrain, seperti salah satunya makanan yang disebutkan diatas.(Semoga bermanfaat).WhZ.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: