Beranda > Tips Sehat > Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Saat ini banyak sekali kasus kebutaan di dunia, data dari WHO saja memperkirakan ada sekitar 180 juta orang di dunia yang memiliki gangguan penglihatan dan sekitar 45 juta di antaranya buta. Setidaknya 7 juta orang di dunia mengalami kebutaan/tahun. Padahal kalau kita bersikap hati-hati dan mau menjaga,melindungi mata dan penglihatan kita, kasus kebutaan dan kehilangan penglihatan yang serius sebenarnya bisa dihindari.

Berikut Tips melindungi mata dan menjaga kesehatan mata anda :

1. Stop Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok merugikan kesehatan. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa ada keterkaitan antara merokok dan masalah kesehatan mata. Orang yang merokok, akan berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarakdegenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik. Untuk itu cobalah untuk berhenti merokok, bila sebelumnya sudah pernah mencoba  dan gagal, cobalah lagi. Survei menunjukkan bahwa semakin sering seseorang mencoba untuk berhenti merokok, semakin besar peluang keberhasilannya.

2. Kendalikan Gula Darah dan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak cepat ditanggulangi atau cepat diobati dapat memengaruhi penglihatan dan bahkan menyebabkan kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. Retina adalah lapisan jaringan di bagian belakang mata. Kerusakan retina menyebabkan penglihatan terganggu.

Diabetes adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bila seseorang memiliki diabetes, sangat dianjurkan untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara rutin dan minum obat DIABETES atau mengambil suntikan insulin sesuai instruksi dokter.

3. Makan-makanan ber-nutrisi untuk mata

Lindungi mata dengan makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas. Buah dan sayuran berwarna-warni cenderung kaya akan antioksidan.

Selain antioksidan, vitamin A secara khusus sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Vitamin A mendukung produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan digunakan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan penyakit yang disebut rabun senja (jawa: kotok ayam) di mana seseorang tidak bisa melihat di cahaya remang-remang. Wortel adalah sumber utama pro-vitamin A.

4. Lindungi mata dari sinar matahari

Pancaran cahaya sinar matahari terus-menerus dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) dari matahari menembus retina sehingga menyebabkan kerusakan mata. Untuk mencegah sinar UV yang berbahaya, pakailah kaca mata hitam yang dirancang khusus untuk melindungi mata jika Anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Kacamata tersebut umumnya memberikan perlindungan UV hingga 99% atau 100%.

5. Menggunakan pelindung mata

Jika pekerjaan yang kita kerjakan mengandung bahan yang berbahaya, pakailah kacamata pelindung yang dapat melindungi mata Anda dari cedera, kerusakan, dan kebutaan. Kenakan kacamata atau helm berkaca ketika Anda mengendarai sepeda motor. Olahraga tertentu seperti tenis, hoki dan berenang juga dapat berisiko mencederai atau merusak mata. Pakailah pelindung mata seperti helm dan kacamata olahraga untuk melindungi Anda.

6. Melakukan kebiasaan yang baik untuk mata

Meskipun masalah mata umumnya berhubungan dengan kerusakan atau penuaan, masalah mata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk. Berfokus pada jarak yang tetap dalam waktu lama, seperti menatap layar komputer atau membaca selama berjam-jam, adalah salah satunya. Otot-otot mata akan terkunci pada posisi yang tetap sehingga kehilangan fleksibilitas, benda-benda yang sangat dekat atau sangat jauh menjadi terlihat kabur. Selingilah dengan istirahat dan alihkan pandangan mata pada benda-benda yang jauh untuk membantu mencegah masalah ini. Latihan mata secara teratur juga dapat membantu memulihkan dan mencegah masalah penglihatan di masa depan. Contoh latihan mata ini adalah melihat dedaunan atau objek alam yang berwarna hijau, berselang-seling berfokus pada objek yang jauh dan dekat, serta berfokus pada objek yang sama dengan sudut berbeda-beda.

7. Berkunjung ke Dokter Mata

Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Kunjungan ke dokter mata untuk pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali, lebih sering jika seseorang memakai kacamata atau lensa kontak. Segeralah mengunjungi dokter mata jika Anda mengalami infeksi mata atau gejala seperti penglihatan berkurang, penglihatan kabur, mata nyeri/kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mata karena infeksi atau penyakit mata kronis yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen atau kebutaan.

Sumber : Media Internet dan Majalah Kesehatan.

Referensi Pengobatan Mata dengan :
 
( OTEM dan Herb Aini )

Obat Alami Herbal untuk Mata

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: