Beranda > Sehat Alami & Herbal > Penyebab Payudara Kendur dan Cara Mengencangkan Payudara

Penyebab Payudara Kendur dan Cara Mengencangkan Payudara

Belakangan ini banyak sekali permintaan herbal Beauty Booster yang salah satu khasiatnya dapat memperbesar dan mengencangkan payudara. Untuk itu sepertinya perlu sedikit cari tau tentang permasalah wanita yang satu ini, karena bagaimanapun keindahan payudara merupakan mahkota dan bagian terpenting dari kecantikan wanita seutuhnya. Setelah cari sana-sini di internet, akhirnya saya menemukan artikel yang bagus dan mungkin bermanfaat atau dapat memberikan pencerahan untuk para wanita yang memeiliki permasalahan seputar payudara kendur dan bagaimana cara untuk mengencangkannya kembali. Berikut artikel yang saya kutip dari Majalah kesehatan yang membahas bagaimana cara untuk mengencangkan payudara. Banyak wanita yang mengalami masalah payudara kendur dan payudara tidak kencang lagi. Hal itu disebabkan oleh berbagai sebab diantaranya:

  • Kehamilan. Jaringan payudara yang membesar pada waktu hamil akan kembali mengecil saat tidak lagi diperlukan. Proses ini disebut involusi payudara, yang terjadi setelah menyapih anak atau setelah persalinanan bagi ibu yang tidak menyusui. Ketika jaringan tersebut mengecil, kulit di sekitarnya tidak ikut mengecil sehingga membuatnya tampak kempes dan melorot. Dengan berlalunya waktu, lemak akan kembali hadir ke payudara, namun tidak sepenuhnya menghilangkan kekendoran tersebut. Penting untuk Anda ketahui bahwa payudara kendor terjadi baik pada ibu yang menyusui maupun tidak.
  • Penuaan. Mulai umur 30-an kulit wanita berkurang elastisitasnya. Jaringan lunak yang menopang payudara dan kelenjar mamari mengalami degenerasi. Pengendoran karena penuaan paling cepat dialami oleh wanita yang berpayudara besar. Gaya gravitasi tampaknya tidak terlalu bersahabat terhadap payudara yang besar.
  • Kegemukan.
  • Penurunan berat badan secara drastis.
  • Sebab lain yang seringkali tidak diketahui.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam kedokteran, kekencangan payudara memiliki skala 0 – 3. Skala 0 berarti payudara kencang (puting susu tegak, lebih tinggi dari kulit penopangnya). Skala 3 berarti puting susu mengarah lurus ke bawah.

Payudara kendor menjadi keluhan banyak wanita karena mengurangi daya tarik fisik mereka. Para pria memiliki selera yang berbeda-beda mengenai payudara. Ada pria yang menyukai payudara besar, ada yang lebih suka yang kecil. Ada yang suka dengan yang “montok”, ada yang suka yang agak rata. Namun, tidak ada pria yang menyukai payudara kendor.

Itulah sebabnya payudara kendor membuat banyak wanita kurang percaya diri dan melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa metode yang dipakai untuk mengencangkan payudara :

1. Operasi pengencangan (breast lifting surgery)

Operasi plastik untuk mengencangkan payudara cukup populer di negara-negara maju. Di Amerika Serikat saja, pada tahun 2006 sekitar 103.788 wanita menjalaninya (menurut data American Society of Plastic Surgeons). Di Indonesia, operasi pengencangan payudara juga banyak ditawarkan oleh klinik-klinik spesialis kecantikan. Banyak kalangan selebriti dan kelompok menengah atas yang telah menjalaninya.

Ada dua metode operasi plastik untuk mengencangkan payudara:  Menarik kulit atau Menarik puting susu.

  • Penarikan kulit. Operasi ini dilakukan untuk mengurangi kulit berlebih dari bagian bawah payudara atau sekitar areola (bagian di sekitar puting payudara yang berwarna kecoklatan). Payudara akan menjadi kencang tanpa mempengaruhi jaringan di dalamnya. Namun, bekas sayatan pembedahan akan terlihat secara permanen. Semakin banyak kulit yang ditarik, semakin besar bekas sayatan yang terlihat. Keterampilan ahli bedah juga turut menentukan seberapa banyak bekas luka yang akan terlihat.
  • Penarikan puting susu. Operasi ini dilakukan untuk menempatkan puting susu kembali ke tempatnya “yang benar”, melalui sayatan agak melingkar di bagian atas areola. Keuntungan metode ini adalah bekas sayatan tidak begitu terlihat, meskipun payudara juga tidak sekencang bila dilakukan penarikan kulit. Metode ini membuat areola tidak lagi sebundar sebelumnya.

Operasi pengencangan payudara seringkali tidaklah cukup untuk membuat payudara menjadi indah. Untuk lebih memperindah payudara, biasanya juga dilakukan penambahan implan (breast augmentation surgery). Bahan implan yang paling dikenal adalah silikon.

2. Cara Alami

Cara alami untuk mengencangkan payudara banyak diiklankan di media massa. Produknya sangat beragam, mulai dari suplemen, bra spesial, krim oles sampai masase.

  • Suplemen. Suplemen pengencang payudara dapat berbentuk ramuan alami atau kimiawi berbentuk pil, tablet, permen atau jamu yang mana produk tersebut dapat merangsang dari dalam tubuh pertumbuhan jaringan payudara sehingga membuat payudara kencang kembali.
  • Peralatan penguat payudara. Bentuknya antara lain berupa BH elektrik yang dapat memijat payudara untuk merangsang secara alami pertumbuhan jaringan lunak payudara.
  • Krim. Krim pengencang payudara biasanya mengandung fitoestrogen dan zat perangsang lainnya untuk melancarkan sirkulasi darah. Penggunaan krim pengencang biasanya dikombinasi dengan masase dan teknik alami lainnya.
  • Masase. Ada berbagai teknik masase yang ditawarkan untuk mengencangkan payudara, salah satunya adalah yang disebut liposase. Liposase adalah teknik pijat yang intensif dan akurat untuk menyehatkan jaringan lunak tubuh, dan tidak terbatas pada payudara.(Dewi).


  1. 3 Januari 2013 pukul 11:52 am

    Thanks a lot for sharing this with all of us you actually know
    what you’re talking about! Bookmarked. Please also visit my site =). We could have a link exchange arrangement between us!

  2. 28 Desember 2012 pukul 6:49 am

    Hi there, i read your blog from time to time and i own a similar one
    and i was just wondering if you get a lot of spam feedback?
    If so how do you stop it, any plugin or anything you
    can suggest? I get so much lately it’s driving me insane so any assistance is very much appreciated.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: