Beranda > Sehat Alami & Herbal > Propolis, Obat Berbagai Macam Penyakit

Propolis, Obat Berbagai Macam Penyakit

Kepanikan terkadang datang pada orang tua pada saat anaknya sakit, entah itu sakit panas/demam, flu atau batuk? Orang tua mestinya tidak perlu panik dan buru-buru untuk membawa anak ke dokter, coba mulai saat ini sediakan propolis dan obati dengan propolis  bila anak sakit demam,batuk atau flu. Selain dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, propolis juga berkhasiat sebagai antibiotic alami yang ampuh membasmi bakteri.

Pernyataan diatas hanya sebagian kecil dari khasiat atau manfaat propolis. Banyak penelitian menunjukkan propolis juga sangat baik dan efektif dalam mengobati penyakit berat semacam diabetes, TBC, kanker, demam berdarah, gagal ginjal, bronkhitis, dan sebagai antibakteri.

Apa sih propolis itu? Propolis berbeda dengan madu, meski sama-sama dihasilkan oleh lebah. Madu terdapat di dalam sarang lebah sedangkan propolis di luar sarang. Pada sarang buatan berupa kotak kayu, lebah-lebah pekerja meletakkan propolis di celah antarpapan, bingkai, atau tutup sarang.

Propolis dihasilkan oleh lebah madu dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk daun muda dan kulit pohon. Setelah itu propolis dicampur dengan enzim-enzim dari tubuh lebah itu sendiri.

Menurut Ir. Hotnida CH Siregar MSi, ahli lebah dari IPB, lebah pekerja mengolah propolis dari berbagai bahan seperti pucuk daun, getah tumbuhan, dan kulit beragam tumbuhan seperti akasia dan pinus.

Lebah menghasilkan propolis itu digunakan untuk menambal celah-celah sarang kurang rapat, menutup lubang, dan mensterilkan sarang sehingga rumah lebah selalu dalam kondisi steril dan bebas dari bakteri.

Hotnida Siregar mengatakan, fungsi dari propolis adalah membungkus atau memumikan bangkai hama yang masuk ke sarang lebah. Dengan demikian propolis menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, cendawan, dan virus sehingga penyakit tak tersebar dan sarang tetap steril. Hama yang dibungkus dengan propolis pun menjadi awet dan tak busuk lantaran propolis bersifat antibakteri.

Propolis yang beredar di Indonesia mayoritas masih merupakan produk impor. Brazil dikenal sebagai negara utama produsen propolis di dunia. Produknya yang terkenal adalah propolis hijau bermutu tinggi karena kandungan bioflavonoid yang tinggi.

Bioflavonoid merupakan komponen tumbuhan yang bersifat anticendawan, antibakteri, antivirus, antioksidan, dan antiinflamasi. Menurut penelitian, kandungan bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

Bioflavanoid juga berperan dalam meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Bioflavanoid dalam propolis bekerja dengan cara meningkatkan aktivitas dan perbanyak limfosit T dan makrofag yang sangat berguna dalam memusnahkan zat asing dalam tubuh seperti bakteri, sel kanker/tumor dan virus.

Selain bioflavanoid, propolis juga mengandung semua vitamin kecuali vitamin K, semua mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali sulfur, 16 rantai asam amino esensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.

Dengan berbagai kandungan yang sarat manfaat tersebut, propolis bisa menjadi antibiotik alami yang bebas racun dan tanpa efek samping. Hal ini tentu berbeda dengan obat sintetis yang dibuat secara masal dengan merubah struktur kimianya sehingga mirip dengan zat alami. Penggunaan obat sintetis secara terus menerus  akan mengakibatkan pengaruh negatif baik bersifat sementara atau permanen yang umumnya bisa menimbulkan penyakit baru bagi penderita.

Keunggulan lainnya, propolis besifat penetral racun dan obat sintetis umumnya mengandung racun. Propolis bersifat multiguna, jadi saat dikonsumsi memperbaiki keseluruhan sistem tubuh sedangkan obat sintetis umumnya diproduksi secara spesifik hanya untuk penyakit tertentu.

Propolis sebagai pengobatan alami mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatannya diantaranya sebagai berikut :

1. Sebagai antibiotik alami, antiviral dan sekaligus anti jamur alami tanpa efek samping.

2. Menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya typus, diare/muntaber dll.

3. Menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya demam berdarah, flu, TBC dll.

4. Menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya eksim, panu, keputihan, ketombe dll.

5. Sebagai anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dll.

6. Sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya kanker tumor, mioma, kista dll.

7. Propolis berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah dan detoksifikasi

8. Sebagai pembuang racun, misalnya asam urat, kolesterol, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya.

9. Propolis juga penyembuh ajaib bagi penyakit seperti tumor, jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus, ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.

10. Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah riset menunjukkan propolis aman dikonsumsi sebagai obat meski untuk pemakaian jangka panjang. Menurut Dra Mulyati Sarto, MSi dari LPT UGM, toksisitas propolis sangat rendah. Dosis normal yang dimaksud setara 1 sendok makan propolis dilarutkan dalam 50 ml air untuk konsumsi manusia. Jika dikonversikan ke orang berbobot 60 kg, dosis itu setara konsumsi 0,6 kg propolis setiap hari.

Dengan demikian, Proplis bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan atau untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Banyak sekali faktor yang ikut berperan untuk meraih kesembuhan yang pentng kita sudah berusaha karena penyakit dan kesmbuhan datangnya dari ijin Allah S.W.T dan jangan lupa diantara faktor terbesar yang sering dilupakan adalah Banyak Berdoa dan Bersabar. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam menjalani hidup ini.

Sumber proherbal.net

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: