Beranda > Sehat Alami & Herbal > Herbal dan Kehidupan Masyarakat Modern

Herbal dan Kehidupan Masyarakat Modern

Herbal adalah pengobatan yang dilakukan menggunakan bahan-bahan alami. Pengobatan dengan menggunakan herbal saat ini makin banyak dipilih oleh masyarakat. Herbal dipilih karena harganya yang lebih terjangkau dan proses pengobatannya lebih aman.

Herbal juga semakin menjadi pilihan masyarakat karena dipercaya mampu menjadi jalan kesembuhan bagi penyakit-penyakit yang  oleh dokter rumah sakit sulit disembuhkan. Seandainya pun kesembuhan belum diraih, pemakaian herbal dengan mengikuti prosedur yang dianjurkan tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Sehingga ketika kita memutuskan untuk berobat dengan herbal, maka yang harus dipahami adalah pengobatan dengan herbal ini tidak dapat memberi hasil kesembuhan secara instan atau cepat.

Dalam Mengkonsumsi Herbal harus Teratur dan Konsisten

Mengkonsumsi herbal sebaiknya dilakukan secara teratur dan konsisten. Anda jangan mengharap kesembuhan dapat diraih dalam hitungan hari, walaupun ada testimoni beberapa orang yang menyebutkan herbal yang anda konsumsi bisa memberi kesembuhan dalam waktu singkat. Perlu dipahami bahwa khasiat satu herbal belum tentu berlaku sama bagi setiap orang, itu tergantung dari masing2 kondisi tubuh seseorang dalam merespon obat herbal tersebut.

Cara kerja obat herbal berbeda dengan obat-obatan kimia. Dalam penyembuhan penyakit, herbal bekerja dengan memperbaiki sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Karena itu, jangan berganti-ganti herbal secara cepat. Perkembangan penyakit perlu dimonitor terus dalam kurun waktu 1-3 bulan. Bila dalam jangka waktu tersebut tidak ada perkembangan yang berarti, baru bisa beralih ke herbal atau sistem pengobatan yang lain.

Herbal dan Medis Saling Berkaitan

Sebelum seseorang menggunakan herbal, alangkah baiknya orang tersbut sudah mengetahui dengan pasti penyakit apa yang sedang diderita. Hal ini agar penggunaan obat herbal lebih efektif. Karena itu periksalah terlebih dahulu penyakit anda ke dokter untuk mengetahuinya, baru setelah diketahui jenis penyakitnya silahkan mencari obat herbal yang cocok untuk penyakit tersebut.

Jangan pernah mendiagnosa penyakit sendiri hanya berdasarkan keluhan-keluhan yang dirasakan. Kebanyakan masyarakat percaya bahwa herbal bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, jadi tidak perlu tahu jenis penyakitnya.

Anggapan ini tentu sangat berlebihan, jadi tetap perlu periksa ke dokter untuk memastikan jenis penyakitnya sehingga pengobatan bisa dilakukan secara tepat dan efektif.

Keamanan merupakan salah satu yang terpenting dari herbal selain khasiat. Mayoritas masyarakat menganggap semua herbal aman dikonsumsi karena sudah digunakan secara turun temurun. Untuk kehati-hatian, pilihlah herbal yang sudah mendapat lisensi resmi dari badan yang ditunjuk oleh pemerintah, baik MUI maupun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk menghasilkan pengobatan yang optimal, gunakan herbal yang berkualitas. Mungkin agak susah mencari herbal yang benar-benar berkualitas karena sekarang demikian banyak obat herbal beredar di pasaran. Cara yang bisa digunakan adalah meminta rekomendasi dari orang yang anda percaya untuk mencari obat herbal yang bagus. Jangan mudah percaya dengan banyaknya testimoni kehebatan suatu herbal, karena itu bisa membuat kita kurang obyektif dalam memilih herbal.

Bagitu pula jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Prinsip ada uang ada barang tetap harus dipegang, termasuk dalam memilih obat herbal. Jangan pernah mengharap obat yang berkhasiat bagus tapi harganya murah.

Pandangan Herbal Sebagai Obat Alternatif

Saat ini masyarakat lebih sering menggunakan herbal sebagai alternatif dari pengobatan konvensional. Tidak jarang herbal digunakan sebagai alternatif terakhir setelah dokter tidak sanggup lagi untuk mengobati. Hal ini tentu saja tidak benar. Herbal sebaiknya digunakan secara rutin untuk pencegahan timbulnya penyakit karena fungsi terbaik dari herbal adalah untuk pencegahan.

Perlu juga diperhatikan untuk melakukan perubahan dalam pola hidup sehari-hari beserta pola makan. Karena tanpa dukungan dari pola makan dan hidup yang sehat, pengobatan dengan herbal akan menjadi sia-sia.

Kurangi semua makanan yang bisa memperburuk tingkat kesehatan anda, bahkan kalau bisa dihindari selama dalam proses pengobatan dengan menggunakan herbal dan jangan malas untuk melakukan aktivitas badan yang cukup dengan berolah raga secara teratur.

Untuk pengobatan penyakit-penyakit yang berat, sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan pakar herbal (herbalis). Dengan begitu kita akan tahu herbal apa saja yang harus diminum, dosisnya berapa, dan jangka waktu penyembuhannya berapa lama.

Sumber Majalah Herbal – Proherbal

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: