Beranda > Umum > Demam Berdarah Dengeu (DBD)

Demam Berdarah Dengeu (DBD)

Demam Berdarah Dengeu atau sering disebut DBD adalah jenis penyakit demam berdarah yang menyerang disaat kekebalan penderita sedang menurun. DBD memiliki ciri khas dibandingkan dengan demam lainnya yaitu, pada si penderita tidak ditemukan manifestasi pendarahan. Pada kulit si penderita tampak bintik-bintik pendarahan. Selain pada kulit, penderita juga  dapat mengalami pendarahan di gusi, hidung, dan usus. Jika tidak sesegera mungkin ditangani dapat mengakibatkan kematian pada si penderita.

DBD ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang sebelumnya sudah menggigit penderita yang terinfeksi dengeu.

Gejala
Gejalan DBD diawali perasaaan menggigil, nyeri kepala saat menggerakan bola mata dan punggung. Kesakitan pada tungkai dan sendi-sendi akan terjadi beberapa jam sejak gejala demam dengue mulai dirasakan. Suhu tubuh akan meningkat dengan cepat mencapai 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah yang cenderung turun. Bola mata akan tampak kemerahan. Kemerahan juga tampak pada wajah yang dengan cepat akan menghilang. Kelenjar pada leher dan tenggorokan terkadang ikut membesar.

Pengobatan
Umumnya pengobatan bagi penderita Demam Berdarah adalah dengan cara mengganti cairan tubuh, memberi minum sebanyak 1,5 liter –2 liter dalam 24 jam (air teh dan gula sirup atau susu), dan juga garam elektrolit (oralit), kalau perlu 1 sendok makan setiap 3-5 menit kepada penderita.
Atau bisa dengan diberikan Jus Kurma atau Sari Kurma untuk menaikan trombosit.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: