Beranda > Anak > Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Masalah anak demam sering sekali ditemukan saat ini oleh banyak orang tua. Untuk kasus ini seringkali ditemukan permasalahannya sebagai berikut:

Ketika anak sakit, orang tua menjadi panik lalu dibawa ke dokter dan diberikan antibiotik.

Hasilnya, 1-3 hari biasanya sembuh.Nnamun hampir setiap bulan anak tersebut sakit lagi, lalu berulang lagi : anak sakit>orang tua panik>dibawa ke dokter>diberikan antibiotik.

Apakah ada yang salah langkah diatas?

Antibiotik berfungsi membunuh bakteri tetapi sayangnya bakteri baikpun banyak yang mati karena antibiotik itu. Antibiotik memang sangat efektif untuk penyembuhan anak yang terkena flu/demam/panas/pilek/batuk, namun karena bakteri baik juga ikut mati, imun si anak lama kelamaan akan lemah dan akibatnya lebih rentan dan mudah sakit.

Cara yang bijak ketika anak sakit adalah:

Orang tua tidak usah panik, sering kali anak sakit hanya dikarenakan faktor kelelahan. Itu disebabkan si anak belum mengerti apa itu lelah, dia hanya tahu main..main dan terus main. akhirnya kelelahan, otot tegang, fungsi organ dan kekebalan tubuh menurun, lalu sakit.

Cara paling mudah mengatasi ini adalah, istirahatkan si anak, beri madu, jika panas berikan air kelapa hijau campur madu (ulangi 3-5 kali tiap hari), memberi pelukan (biasanya dengan memeluk panas si anak, panasnya akan pindah ke kita) dan jika diperlukan PIJAT si anak (Bawa ke ahlinya Pemijatan).

Perlu diketahui terkadang anak justru perlu sakit, karena ketika sakit imun anak Anda sedang berlatih untuk menjadi lebih kuat. jadi jangan panik, ikuti langkah di atas ditambah kita harus bisa tambah dengan memberikan kasih sayang yang lebih kepada si Anak. Dengan dia merasa nyaman (senang) dengan kasih sayang Anda, tubuhnya akan lebih mudah mengobati dirinya sendiri.

Bila menginginkan pengobatan atau pencegahan penyakit menggunakan produk herbal juga diperbolehkan malah lebih bagus karena tanpa bahan kimia.

Herbal yang disarankan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya:

1. Madu Anak

Berikan sesering mungkin madu anak campur air.

Saat ini sudah banyak tersedia macam-macam madu untuk anak di apotik maupun di toko-toko herbal disekitar anda atau anda dapat memesannya kepada kami.

Anak saya dirumah juga sering mengkonsumsi madu, dari bangun tidur hingga minum pun kadang dicampur dengan madu, Alhamdulillah baik-baik saja malahan banyak hasil positif yang didapatkan.

2. Spirulina Kid Honey dan Propolis

Spirulina (ganggang laut) sangat baik sebagai pengganti sayuran hijau.

Propolis baik untuk daya tahan tubuh si anak ( Dianjurkan > 3 Tahun ).

Pengobatan dengan Herbal lainnya:

Pegagan, baik untuk sirkulasi darah ke otak (untuk kecerdasan)

Habatusauda, untuk daya tahan tubuh dan kualitas darah (anti alergi)

Meniran, agar nafsu makan anak juga insyaAllah menjadi baik

jika kondisi sehat berikan cukup 1 sdm tiap hari

jika akan sakit berikan 3-5 kali 1 sdm, insyaAllah tidak jadi sakit

jika terlajur sakit, berikan juga air kelapa hijau atau zamzam.

Untuk anak diatas 3 tahun, boleh diberikan Propolis Melia/Propolis Diamond.

Karena rasanya kurang enak bagi anak-anak, bisa dicampur ke susu sebanyak 3-5 tetes, 3 kali sehari. Insya Allah demam cepat turun.

Jika panas >38.5 C boleh berikan parasetamol dosis rendah, cukup sekali saja, lalu lanjutkan dengan Madu Anak, Kid Spirulina dan Propolis.

Untuk bayi dibawah 1 tahun dan masih menyusui, lebih aman jika parasetamol diminum oleh Ibunya saja dengan harapan bayi memperoleh manfaat obat tersebut dari susu ibu, juga terhindar dari efek samping antibiotik tadi.

Semoga kita sekeluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.amin..

Semoga bermanfaat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: