Jati Belanda

Harga : Rp 20.000

Berbagai cara ditempuh untuk mengatasi obesitas. Salah satu cara yang relatif aman, mudah, dan murah adalah mengkonsumsi herbal seperti mengkudu Morinda citrifolia, nanas Ananas comosus, daun jati belanda Guazuma ulmifolia, delima Punica granatum, dan rimpang bangle Zingiber cassumunar.

Masyarakat memanfaatkan daun jati belanda sebagai pelangsing secara turun-temurun sejak 1920-an. Dari generasi ke generasi pengetahuan itu diwariskan. Untuk memanfaatkannya relatif mudah. Maria Andjarwati, herbalis di Kelapagading, Jakarta Utara, mengatakan daun terbaik di urutan ke-3 dari pucuk tanaman. Sebanyak 7 helai direbus dalam 1,5 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Ramuan itulah yang dikonsumsi sebagai pelangsing 2 kali sehari sebelum makan.

Setelah 70 tahun digunakan secara empiris, Lies Andarini periset Jurusan Biologi, Universitas Airlangga, Surabaya membuktikan efektivitas jati belanda sebagai pelangsing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian infus daun jati belanda 5%, 10%, 15%, dan 20%, masing-masing sebanyak 0,5 ml menurunkan bobot tubuh mencit. Jati belanda mengandung senyawa aktif yang bersifat antifeedan alias penghadang nafsu makan.

Senyawa aktif lain berupa tanin yang bersifat sebagai astringen. Senyawa itu mengendapkan mukosa protein di permukaan usus halus sekaligus mengurangi penyerapan makanan. Dampaknya proses obesitas dapat dihambat. Musilago yang terkandung dalam jati belanda bersifat sebagai pelicin atau pelumas. Dengan adanya pelumas ini, makanan diberi kesempatan untuk diabsorbsi.

Begitulah cara jati belanda melangsingkan tubuh. ‘Minum rebusan jati belanda satu kali sehari selama 30 hari menurunkan bobot tubuh 4 kg,’ kata Andjarwati. Keruan saja pola makan harus diatur. Intinya: energi yang masuk dan keluar harus diseimbangkan.(Vina Fitriani)


  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: