Beranda > Sehat Alami & Herbal > Apa Itu Habbatussauda ?

Apa Itu Habbatussauda ?

Habbatussauda/Black Seed/Jintan Hitam/Nigella Sativa ialah sejenis tumbuhan yang tumbuh di Afrika Utara, Asia, dan Eropa Selatan. Khasiatnya telah diketahui sejak 3.000 tahun lalu. Pada zaman Yunani Kuno, raja-raja Yunani dikubur bersama dengan biji-biji hitam ini, karena biji-biji tersebut berfungsi mengawetkan mayat. Ahli pengobatan mereka, Dioscorades, pada abad pertama, mencatat Habbatus Sauda digunakan untuk mengobati sakit kepala, saluran pernafasan sakit gigi, dan cacing usus.

Pada zaman Rasulullah pun, umat Islam menggunakannya sebagai obat segala macam penyakit. Dalam hadis yang didwayatkan Imam Bukhari dan Siti Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Habbatus Sauda ini adalah obat segala penyakit, kecuali kematian”.

Ketika itu, teknologi kesehatan belum secanggih sekarang, namun ucapan Rasulullah, yang tidak lepas dari petunjuk Allah SWT, telah mengungkapkan khasiat si biji hitam itu. Hingga kini, sauda merupakan obat alternatif, terutama bagi orang-orang Arab, sebelum pergi berobat secara medis.
Selengkapnya..
Nama lain Habbatussauda adalah al-karawiyyah as-sauda, al-kamoun al-aswad, atau asy-syuniz. Orang Barat menyebutnya black seed, kerosene, coal oil, atau carazna. Sementara orang Indonesia menyebutnya “jintan hitam”. Mungkin karena bentuknya seperti jintan, salah satu bumbu masakan, dan berwama hitam. Sedangkan bahasa ilmiahnya adalah Nigella Sativa Lin.

Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang kering, panas, dan berpasir. Biji-biji jintan hitam terdapat pada bunganya. la dituai pada September, jika kantung-kantung biji jintan ini sudah berubah wama menjadi coklat muda dan bijinya menjadi hitam serta keras.

Sesudah dituai, pokoknya dipotong don dikeringkan, biji-bijinya dikeluarkan, dikisar atau digiling, sebelum dibawa ke kilang untuk dikeluarkan minyaknya. Kemudian dipasarkan dalam bentuk kapsul, minyak atau mentahnya.

Kandungan Nutrisi

Black seed kaya akan kandungan nutrisi :

Nutritional Composition Black Cumin Seed
Protein 21%
Carbohydrates 35%
Fats 35-38%
Black seed mengandung Monosaccharides (molekul gula tunggal) dalam bentuk glucose, rhamnose, xylose, dan arabinose.

Black seed mengandung komponen non-starch polysaccharide yang merupakan sumber yang berguna untuk serat diet.

Kaya akan kandungan asam lemak, terutama asam lemak jenuh dan tak jenuh (Asam Linoleic dan Linolenic). Asam lemak esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh, oleh karena itu harus didapatkan dari suplemen makanan.

Lima belas asam amino membentuk protein yang mengandung Black Cumin (Nigella sativa) Seed, termasuk didalamnya delapan dari sembilan asam amino penting. Asam amino penting tidak dapat disintesis didalam tubuh kita dalam jumlah yang cukup dan karena itu perlu tambahan dari luar yang berfungsi menjaga berat badan (diet)

Black seed mengandung Arginine yang penting pada masa pertumbuhan balita.

Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa Black cumin (Nigella sativa) Seed mengandung karotin, yang diubah oleh liver menjadi vitamin A.

Black Cumin (Nigella sativa) Seed juga memiliki kandungan kalsium, Zat besi, sodium dan potassium. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit oleh tubuh, elemen-elemen ini berfungsi sebagai cofactor untuk fungsi bermacam enzim.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: